Redeem Code Newborn Series

Facebook Mulai Berikan Dukungan untuk Google AMP


Baik Facebook maupun Google sama-sama punya ketertarikan membuat perubahan terutama dalam hal kecepatan internet. Bagaimana memberikan akses tercepat kepada penguna ke berbagai sumberdaya, bisa berita, video, media sosial dan lain sebagainya.
Facebook sudah sejak beberapa bulan yang lalu resmi meluncurkan fitur yang namanya Instant Article, fitur yang membuat akses berita bisa diperoleh secepat kilat dan juga hemat data karena pengguna tidak harus meninggalkan aplikasi Facebook untuk membaca seluruh berita. Sedangkan Google punya fitur serupa yang namanya Google AMP atau Accelarated Mobile Page. Caranya kurang lebih sama.


Dengan fiturnya masing-masing, Facebook dan Google sepertinya sulit untuk akur. Tapi tunggu dulu. Itu cerita kuno. Pasalnya, Facebook baru saja mengeluarkan pernyataan akan mendukung Google AMP dan juga Apple News.

Menurut keterangan resminya, SDK mereka saat ini sudah memberikan akses kepada pengembang yang mempermudah mereka mengintegrasikan Instant Article ke CMS masing-masing. Ketersediaan gerbang untuk lintas platform ini juga berdampak baik terhadap kustomisasi yang akan mendukung Google AMP dan Apple News.

Kendati masih terlalu dini untuk disimpulkan, namun kabar ini menjadi pertanda baik bagi pemilik situs dan penerbit, bahwa mereka kini tidak harus memutuskan untuk memilih salah satu dari AMP atau Facebook Instant Articles. Sedangkan bagi pengguna, sudah barang tentu ini akan lebih mempermudah mereka memperoleh konten berita yang bisa diakses dengan cepat dan murah.

1 Response to "Facebook Mulai Berikan Dukungan untuk Google AMP"

  1. Facebook Mulai Berikan Dukungan untuk Google AMP

    ReplyDelete